Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Portal Spensix Berbasis User Experience Questionnaire (UEQ)

I Kadek Wihendradinata, Kadek Teguh Wahyu Dewantara, I Made Wahyu Dwi Wismayana, Made Agus Oka Gunawan, Gede Indrawan

Abstract


User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan pada penelitian ini untuk mengevaluasi pengalaman pengguna Sistem Informasi dan Manajemen Portal SMP Negeri 6 Singaraja (SIM Portal SPENSIX). Aplikasi ini dikembangkan sebagai solusi atas permasalahan manajemen dokumen digital sekolah yang belum tertata rapi. Aplikasi ini dapat membantu sekolah dalam mengelola data, meningkatkan efisiensi administrasi, dan mendukung proses belajar mengajar.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi kuesioner. Kuesioner UEQ dipilih karena dianggap efektif dalam mengukur persepsi pengguna terhadap berbagai aspek pengalaman pengguna, seperti stimulasi, daya tarik, kejelasan, efisiensi, kebaruan, dan akurasi. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perancangan kuesioner UEQ dengan studi literatur dan penentuan populasi dan sampel penelitian, pengumpulan data dari guru, analisis data secara kuantitatif, interpretasi hasil, dan analisis rekomendasi perbaikan. Survei UEQ dilakukan terhadap 57 responden guru yang dimana adalah sebagai pengguna aplikasi, untuk mengukur persepsi mereka terhadap kejelasan, daya tarik, stimulasi, kebaruan, efisiensi dan ketepatan aplikasi SIM Portal Spensix. Hasil Penelitian ini  menunjukkan SIM Portal SPENSIX mendapat nilai baik pada 5 aspek yaitu  dengan nilai rata-rata 2.58 pada daya tarik, 2.46 pada kejelasan, 2.57 pada efesiensi, 2.47  pada ketepatan dan 2.46 pada kebaruan. Namun, terdapat potensi paling rendah pada 1 aspek dengan nilai diatas rata-rata yaitu 1.25 pada stimulasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi UEQ, khususnya pada aspek stimulasi, untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna aplikasi Portal SPENSIX.


Keywords


UEQ; Pengalaman pengguna; Portal SPENSIX

Full Text:

PDF

References


A. A. Fauzi, B. Harto, Mulyanto, M. Dulame, dan P. Pramuditha, Pemanfaatan Teknologi Informasi Di berbagai Sektor Pada Masa Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, no. January. 2023.

I Putu Gede Raka Wisnawa DS, I Dewa Gde Rat Dwiyana Putra, dan Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari, “Penggunaan Gadget dalam Pendidikan Agama Hindu: Studi Fenomenologi di SMA N 2 Tabanan,” VIDYA SAMHITA J. Penelit. Agama, vol. 9, no. 1, hal. 44–52, 2023, doi: 10.25078/vs.v9i1.2582.

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, dan Ibrahim Arifin, “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital,” Semin. Nas. Dies Natalis 62, vol. 1, hal. 32–37, 2023, doi: 10.59562/semnasdies.v1i1.431.

M. Riyan Maulana dan D. Nurdiana, “Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Informatics Commun. Technol., vol. 1, no. 17, hal. 1–017, 2024.

D. Zhu, D. Wang, R. Huang, Y. Jing, L. Qiao, dan W. Liu, “User Interface (UI) Design and User Experience Questionnaire (UEQ) Evaluation of a To-Do List Mobile Application to Support Day-To-Day Life of Older Adults,” Healthc., vol. 10, no. 10, 2022, doi: 10.3390/healthcare10102068.

H. S. Rasio dan S. R. Perdana, “Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. 1, hal. 69–78, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/

S. P. Kristanto, L. Hakim, dan F. Hariyati C, “Usability Evaluation In Ruang Guru Applications Using User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Mantik, vol. 4, no. 1, hal. 181–186, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index

M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,” URL https//www. Res. net/publication/303880829{_}User{_}Experience{_}Questionnaire{_}Handbook{_}Version{_}2.(Accessed 02.02. 2017), hal. 1–15, 2019, [Daring]. Tersedia pada: www.ueq-online.org

A. Saepudin, U. Hayati, dan A. Bahtiar, “Analisis Aplikasi Ditonton App Dengan Metode User Experience Questionnaire (Ueq),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, hal. 284–288, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i1.6216.

M. Q. Laksono, S. S. Kusumawardani, dan R. Ferdiana, “Evaluating User Experience on E-learning using the User Experience Questionnaire (UEQ) with Additional Functional Scale,” no. Conrist 2019, hal. 18–24, 2020, doi: 10.5220/0009339900180024.

S. Prasetyaningsih dan S. P. N. Muchtar, “Analisis Perbandingan User Experience pada Website dan Aplikasi Mobile Shopee Menggunakan UEQ,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 5, no. 3, hal. 162–170, 2023, doi: 10.35746/jtim.v5i3.326.

S. R. M. Mahening dan Y. Handrianto, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Aplikasi Mcdonald’s Dengan Perspektif Pengguna Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Informatics Comput. …, vol. 4, no. 1, hal. 25–38, 2024.

A. Pratama, A. Faroqi, dan E. P. Mandyartha, “Evaluation of User Experience in Integrated Learning Information Systems Using User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 4, no. 4, hal. 1019–1029, 2022, doi: 10.51519/journalisi.v4i4.394.

D. Khuntari, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, hal. 275–286, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i1.4499.

M. Schrepp, “Enhancing the UEQ heuristic for data cleansing by a threshold for the number of identical responses Research Report,” no. March, hal. 1–18, 2023, [Daring]. Tersedia pada: www.ueq-online.org.

S. Widuri, “Analisis Interaksi Pengguna dalam Desain User Interface dan User Experience yang Lebih Baik Menggunakan Metode Heuristik,” vol. 3, no. 4, 2024.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v10i1.66129

Article Metrics

Abstract view : 11 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

slot gacor slot