Analisa Faktor Pengaruh Terhadap Kepuasan Penggunaan Aplikasi Kasir Moka di Kota Batam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kemudahan penggunaan, kecepatan, keamanan, kejelasan, dan fungsionalitas terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi Moka di Kota Batam. Permasalahan utama yang diangkat adalah tantangan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap lima faktor tersebut, yang sering kali menjadi kendala dalam mempertahankan loyalitas pengguna. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method untuk mengintegrasikan hasil dari pendekatan kuantitatif dan kualitatif guna mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait fenomena yang diteliti. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui stratified sampling dan cluster random sampling, dengan melibatkan 82 responden untuk kuesioner dan 15 narasumber untuk wawancara. Responden dipilih berdasarkan kategori pengguna aktif aplikasi Moka di berbagai sektor usaha kecil dan menengah di Kota Batam. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan kepuasan pengguna secara signifikan. Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa model memiliki kemampuan prediksi yang baik meskipun tidak ada variabel individu yang signifikan, dengan indikasi multikolinearitas yang perlu diperhatikan. Secara kualitatif, wawancara memberikan wawasan mendalam yang melengkapi analisis kuantitatif, membantu memahami hubungan antar variabel secara lebih holistik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B. S. Prayogi, I. Fitri, and R. Nuraini, “Aplikasi Point of sale Berbasis Website pada Toko Sembako Tegar,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 6, no. 2, pp. 260–266, 2022, doi: 10.35870/jtik.v6i2.411.
Muh David Balya Al, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” TUTURAN J. Ilmu Komunikasi, Sos. dan Hum., vol. 1, no. 3, pp. 26–53, 2023, doi: 10.47861/tuturan.v1i3.272.
S. Suprianto, M. Fadlan, and D. Prayogi, “Implementasi Point Of Sale pada UMKM Poci Nayla di Tembilahan,” ABDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 121–130, 2024.
A. Lutfi et al., “Influence of Digital Accounting System Usage on SMEs Performance: The Moderating Effect of COVID-19,” Sustain., vol. 14, no. 22, pp. 1–23, 2022, doi: 10.3390/su142215048.
S. Putri Rimba Pamungkas, N. Khoiriawati, and P. Rimba Pamungkas, “Improving the Quality of Financial Reports Using Qasir Application in Noob Cafe and Space, Pasuruan Regency,” J. Ilm. Akunt., vol. 6, no. 4, pp. 408–419, 2022, [Online]. Available: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/BILANCIA/index.
D. Apriani, T. Ramadhan, E. Astriyani, Mulyati, and Mardiana, “Kerja Lapangan Berbasis Website Untuk Sistem Informasi Manajemen Praktek (Studi Sistem Informasi Program Studi Kasus Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Raharja,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2022, doi: 10.34306/abdi.v3i1.735.
L. A. Pratama, A. Primawati, and L. Ariyani, “STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SIRKULASI BUKU PADA PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 103 JAKARTA,” vol. 4, no. 2, 2019.
P. Aplikasi et al., “BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer dan Multimedia,” J. Mhs. Biikma, vol. 1, no. 4, pp. 570–577, 2023.
A. Kumar Gupta, V. Singh, S. Kulkarni, V. Khatri, ] Sumit, and S. Sonkar, “Human-Computer Interaction: Designing Intuitive User Experiences [1],” Tuijin Jishu/Journal Propuls. Technol., vol. 44, no. 4, pp. 1001–4055, 2023.
M. Awaludin and N. E. Yolanda, “Analysis of Ceisa Services User Satisfaction Using the Eucs,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Kedirgant., vol. IV, 2018.
S. Nurul, Shynta Anggrainy, and Siska Aprelyani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 5, pp. 564–573, 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i5.992.
B. Dharma, Y. Ramadhani, and R. Reitandi, “Pentingnya Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Suatu Perusahaan,” El-Mujtama J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 137–143, 2023, doi: 10.47467/elmujtama.v4i1.3209.
S. Somantri, G. P. Insany, and R. R. Putra, “Perancangan Sistem Bimbingan Syarat Kecakapan Umum Pramuka Berbasis Android,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 6, no. 2, pp. 201–210, 2023, doi: 10.36080/idealis.v6i2.3038.
M. J. Dondo and Y. H. S. Putra, “The Evaluation of Sales Accounting Information System Using Pieces Method at Kelana Scarves Shop,” JASa (Jurnal Akuntansi, Audit dan Sist. Inf. Akuntansi), vol. 6, no. 2, pp. 181–188, 2022, doi: 10.36555/jasa.v6i2.1860.
P. Rita, T. Oliveira, and A. Farisa, “The impact of e-service quality and customer satisfaction on customer behavior in online shopping,” Heliyon, vol. 5, no. 10, p. e02690, 2019, doi: 10.1016/j.heliyon.2019.e02690.
DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v10i1.66378
Article Metrics
Abstract view : 4 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License