Analisis Sentimen Terkait Kasus Korupsi Timah Pada Aplikasi X Menggunakan Algoritma Support Vector Machine
DOI:
https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.66522Keywords:
Analisis Sentimen, Support Vector Machine, Kasus Korupsi, Media Sosial, Berbasis Leksikon, TF-IDF, PT Timah, Opini PublikAbstract
Kasus dugaan korupsi yang melibatkan PT Timah Tbk dengan estimasi kerugian negara sebesar Rp 271 triliun telah memicu respons luas dari masyarakat, khususnya melalui media sosial X (dahulu Twitter). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen publik terhadap kasus tersebut menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM). Data diperoleh dari platform X menggunakan kata kunci tertentu, menghasilkan 107 tweet yang kemudian melalui proses pra-pemrosesan dan pelabelan otomatis dengan metode berbasis leksikon (lexicon-based). Proses klasifikasi sentimen dilakukan dengan algoritma SVM, sementara ekstraksi fitur dilakukan menggunakan metode Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model mencapai akurasi sebesar 98%, dengan precision 98% dan recall 100% untuk sentimen negatif, serta precision 100% dan recall 60% untuk sentimen positif. Berdasarkan confusion matrix, sebesar 95,33% data diklasifikasikan sebagai negatif secara benar (True Negative), 2,80% sebagai positif secara benar (True Positive), dan 1,87% salah diklasifikasikan (False Negative), tanpa terdapat kesalahan klasifikasi positif palsu (False Positive). Temuan ini menunjukkan dominasi opini negatif terhadap kasus tersebut dan menegaskan efektivitas SVM dalam analisis sentimen publik. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam memahami persepsi masyarakat dan pengambilan keputusan berbasis data terhadap isu sosial-politik di Indonesia.References
[1] R. R. Harahap and Mhd. Furqan, “Sentiment Analysis towards the 2024 Vice Presidential Candidate Debate Using the Support Vector Machine Algorithm,” sinkron, vol. 8, no. 3, pp. 1783–1794, Jul. 2024, doi: 10.33395/sinkron.v8i3.13903.
[2] A. Setiawan and R. R. Suryono, “Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika Analisis Sentimen Ibu Kota Nusantara menggunakan Algoritma Support Vector Machine dan Naïve Bayes,” vol. 8, no. 1, pp. 183–192, 2024, doi: 10.29408/edumatic.v8i1.25667.
[3] A. Handayani and I. Zufria, “Analisis Sentimen Terhadap Bakal Capres RI 2024 di Twitter Menggunakan Algoritma SVM,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 5, no. 1, pp. 53–63, Oct. 2023, doi: 10.47065/josh.v5i1.4379.
[4] N. Meilani, Mhd. Furqan, and Suhardi, “Analisis sentimen pengguna aplikasi BSI mobile akibat ransomware menggunakan algoritma support vector machine,” INFOTECH: Jurnal Informatika & Teknologi, vol. 5, no. 1, pp. 42–51, Jun. 2024, doi: 10.37373/infotech.v5i1.1102.
[5] M. Furqan and A. ab. N. Fakhri, “Big Data Approach to Sentiment Analysis in Machine Learning-Based Microblogs: Perspectives of Religious Moderation Public Policy in Indonesia,” May 2024.
[6] M. S. Hasibuan and A. Serdano, “Analisis Sentimen Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Menggunakan Support Vector Machine dan Naive Bayes,” JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), vol. 6, no. 2, p. 199, Nov. 2022, doi: 10.30595/jrst.v6i2.15145.
[7] K. L. Ong et al., “Global, regional, and national burden of diabetes from 1990 to 2021, with projections of prevalence to 2050: a systematic analysis for the Global Burden of Disease Study 2021,” The Lancet, vol. 402, no. 10397, pp. 203–234, Jul. 2023, doi: 10.1016/S0140-6736(23)01301-6.
[8] Y. Laia, S. Sandino Berutu, el Pieter Sumihar, and H. Budiati, “Implementasi Library Textblob dan Metode Support Vector Machine Pada Analisis Sentimen Pelanggan Terhadap Jasa Transportasi Online,” Technology and Science (BITS), vol. 6, no. 1, 2024, doi: 10.47065/bits.v6i1.5090.
[9] M. D. R. Ramadhan and N. Yuliana, “Analisis Pola Perilaku Penggemar JKT48 pada Aplikasi X dalam Berkomunikasi dengan Sesama Penggemar,” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, vol. 2, no. 4, pp. 31–40, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i5.1065
[10] A. Brancaccio et al., “Towards the definition of a standard in TMS-EEG data preprocessing,” Neuroimage, vol. 301, Nov. 2024, doi: 10.1016/j.neuroimage.2024.120874.
[11] R. T. Wahyuni, D. Prastiyanto, and D. E. Supraptono, “Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF pada Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi.”
[12] N. Huda Ovirianti, M. Zarlis, and H. Mawengkang, “Support Vector Machine Using a Classification Algorithm,” Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, vol. 6, no. 3, 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i3.
[13] M. Furqan, R. Kurniawan, and K. I. HP, “Evaluasi Performa Support Vector Machine Classifier Terhadap Penyakit Mental,” Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 203–210, Dec. 2020, doi: 10.21456/vol10iss2pp203-210.
[14] D. Mualfah, Ramadhoni, R. Gunawan, and D. Mulyadipa Suratno, “Analisis Sentimen Komentar YouTube TvOne Tentang Ustadz Abdul Somad Dideportasi Dari Singapura Menggunakan Algoritma SVM,” Jurnal Fasilkom, vol. 13, no. 01, pp. 72–80, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i01.4920.
[15] N. Qomariya, A. Kisnu Darmawan, M. Walid, and Y. Efenie, “Sentiment Analysis on LGBT Issues in Indonesia with Lexicon-Based and Support Vector Machine Algorithms,” vol. 19, no. 1, 2023, doi: 10.33480/pilar.v18i1.4183.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.