Algoritma K-Means Clustering untuk Mendiagnosis Bullying pada Remaja Di SMPN 1 Kecamatan Dolok Sigompulon

Authors

  • Abdul Rois Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd. Furqan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.66539

Keywords:

bullying, K-means, Clustering

Abstract

Bullying merupakan bentuk penyalahgunaan kekuasaan yang dapat terjadi di berbagai lingkungan, terutama di lingkungan sekolah. Tindakan ini mencakup perilaku seperti mengejek, mengancam, mengisolasi, hingga melakukan kekerasan fisik yang berdampak negatif pada kondisi psikologis korban. Di SMP N 1 Dolok Sigompulon, kasus bullying teridentifikasi dalam tiga bentuk, yaitu fisik, verbal, dan psikologis. Meskipun jumlah kasus tergolong rendah, fenomena ini tetap memerlukan perhatian serius karena dapat mengganggu kenyamanan belajar dan perkembangan sosial siswa. Untuk memahami pola dan karakteristik dari kasus bullying yang terjadi, diperlukan analisis data yang tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah K-Means Clustering, yaitu algoritma pengelompokan data yang membagi objek ke dalam beberapa klaster berdasarkan kemiripan karakteristik. Melalui metode ini, data bullying dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, sehingga pola perilaku bullying di sekolah dapat dianalisis lebih mendalam dan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan pencegahan. Berdasarkan hasil pengelompokan kasus bullying di SMP N 1 Dolok Sigompulon menggunakan algoritma K-Means maka di peroleh 3 cluster Dimana cluster 1 terdapat 12 data, cluster 2 terdapat 5 data, dan cluster 3 dengan 4 data sehingga dapat disimpulkan bahwa kasus bullying di SMP N 1 Dolok Sigompulon tergolong rendah dengan jenis bullying fisik, verbal, dan psikologis.

Author Biographies

Abdul Rois Ritonga, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mhd. Furqan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

[1] A. Diannita, F. Salsabela, L. Wijiati, A. Margaretha, and S. Putri, “Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama.”

[2] “BULLYING”.

[3] S. Hendrawati, N. Pasha Amelia, and F. Keperawatan, “Perilaku Bullying dan Dampaknya yang Dialami Remaja,” Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.32584/jika.v5i1.

[4] A. Muhariya, I. Riadi, Y. Prayudi, and I. A. Saputro, “Utilizing K-means Clustering for the Detection of Cyberbullying Within Instagram Comments,” Ingenierie des Systemes d’Information, vol. 28, no. 4, pp. 939–949, Aug. 2023, doi: 10.18280/isi.280414.

[5] P. P. Pane, Y. Ramadhan Nasution, and Mhd. Furqan, “Implementasi Data Mining dengan K-Means Clustering untuk Memprediksi Pengadaan Obat,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 5, no. 2, pp. 286–296, Feb. 2024, doi: 10.47065/josyc.v5i2.4920.

[6] S. Oktarian, S. Defit, and Sumijan, “Clustering Students’ Interest Determination in School Selection Using the K-Means Clustering Algorithm Method,” Jurnal Informasi dan Teknologi, pp. 68–75, Sep. 2020, doi: 10.37034/jidt.v2i3.65.

[7] R. Fauziah and A. I. Purnamasari, “Implementasi Algoritma K-Means pada Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Berdasarkan Usia,” Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 34–41, Mar. 2023, doi: 10.56211/helloworld.v2i1.232.

[8] A. Muhariya, “Pengelompokkan Komentar Pada Media Sosial Instagram Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk Identifikasi Awal Cyberbullying.”

[9] E. Haru Stipas St Sirilus Ruteng, “Perilaku Bullying di Kalangan Pelajar.”

[10] “Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja”.

[11] M. A. Samsudi and A. Muhid, “Efek Bullying Terhadap Proses Belajar Siswa,” 2020.

[12] S. Hendrawati, N. Pasha Amelia, and F. Keperawatan, “Perilaku Bullying dan Dampaknya yang Dialami Remaja,” Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.32584/jika.v5i1.

[13] G. Abdullah and A. Ilham, “Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua,” Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian: DIKMAS, vol. 175, no. 1, doi: 10.37905/dikmas.3.1.175-182.2023.

[14] H. N. Sari et al., “Perilaku Bullying Yang Menyimpang Dari Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, 2022.

[15] Y. Miftahuddin, S. Umaroh, and F. R. Karim, “Perbandingan Metode Perhitungan Jarak Euclidean, Haversine, dan Manhattan Dalam Penentuan Posisi Karyawan,” Jurnal Tekno Insentif, vol. 14, no. 2, pp. 69–77, Aug. 2020, doi: 10.36787/jti.v14i2.270.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Ritonga, A. R., & Mhd. Furqan. (2025). Algoritma K-Means Clustering untuk Mendiagnosis Bullying pada Remaja Di SMPN 1 Kecamatan Dolok Sigompulon. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 10(2), 457–466. https://doi.org/10.24114/cess.v10i2.66539

Issue

Section

Articles