Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Einstein dikelola oleh prodi Fisika, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang fisika yang terbitannya dilakukan dalam dua tahun sekali.

Topik jurnal meliputi ilmu-ilmu Fisika berikut:

1. Fisika Material

Kajian Fisika material yang mempelajari dan menyelidiki hubungan antara struktur dan sifat material termasuk Nanoteknologi Material, Fisika Kimia, Material Khusus, dan Rekayasa Material. Selain itu Material Logam, Material Magnetik, Material Komposit, Material Keramik, Material Polimer dan Material Elektronika juga termasuk dalam ruang lingkup penelitian jurnal ini.

2. Fisika Komputasi

Kajian yang mempelajari tentang gejala-gejala fisika yang diolah secara komputasi atau lebih jauh penelitian yang menggabungkan ilmu fisika, analisis numerik, dan pemrogaman komputer dalamĀ  rangka mengolah data-data eksperimen yang besar dan tidak linier.

3. Fisika Instrumentasi

Kajian Ilmu fisika dalam hal pengukuran, pengaturan besaran fisis secara langsung atau pun tidak langsung. Secara rinci tema yang yang diangkat meliputi Ilmu Fisika Instrumentasi yang meliputi sensor dan aplikasi, pengukuran dan interfacing, mikrokontroler, mikroprosesor, komputer (perangkat keras dan pemograman), pengujian tak merusak (non destructive testing), metrologi, pemrosesan sinyal analog dan digital, instrumentasi pengukuran besaran-besaran fisika, instrumentasi teknologi informasi dan komunikasi, instrumentasi pengukuran, serta instrumentasi kendali/kontrol.

4. Fisika Bumi

KajianĀ  yang mempelajari penerapan ilmu fisika dalam gejala kebumian dan pemanfaatannya untuk pemetaan struktur alam dan buatan di bawah meliputi eksplorasi geofisika (akuisisi data, processing, analisis dan interpetasi data) yang bertumpu pada penguatan aspek konsep dasar geosains, komputasi numerik dan aplikasi langsung di lapangan dalam eksplorasi migas, geothermal, batubara dan mineral, serta meteorologi. Juga termasuk kajian geologi, metoda geoelektrik dan elektromagnetik, metoda gravitasi, metoda geomagnetik, metoda seismik, instrumentasi geofisika, eksplorasi perminyakan, eksplorasi geothermal dan geofisika pertambangan serta mitigasi bencana di atmosfir.

5. Fisika teoritis

Kajian yang mempelajari tentang model matematika dan abstraksi fisika di dalam usaha untuk menjelaskan data eksperimen yang diambil dari alam semesta termasuk teori lubang hitam, fteori fisika partikel, dan teori medan kuantum.

6. Dan bidang rekayasa Fisika lainnya

Kajian yang mempelajari berbagai bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi dalam Fisika

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Setiap jurnal yang telah d submit akan diperiksa terlebih dahulu kemudian diteruskan ke proses reviewer oleh mitra bestari EINSTEIN (e-Journal)

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.