UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU PADA KOMPETENSI DASAR MENANGGAPI ISI CERITA SECARA LISAN BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 060819 KEC. MEDAN KOTA

Ratna Dewi

Abstract


ABSTRAK

Masalah yang dihadapi peneliti adalah masalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 060819 Kec.Medan Kota TA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 060819  Kec.Medan Amplas Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru Kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota Tahun yang dilakukan terhadap 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, pada siklus I memiliki nilai rata– rata 44 (55%), sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 69 (87%). Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota Tahun Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci:  Minat Membaca, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10322

Article Metrics

Abstract view : 912 times
PDF - 1246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.