MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS VA SDN 064960 KECAMATAN MEDAN POLONIA

Megawati Megawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan Hail belajar peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar melalui penerapan model pembelajaran inkuri. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V-A SDN 064960 Medan setelah menggunakan media konkret sedotan. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis data persentase klasikal dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dengan perencanaan yang matang, hasil belajar siswa pada konsep perubahan sifat benda dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkat. Hal ini terlihat dari persentase penguasaan materi (KKM) dimana pada pertemuan pertama (sebelum model diujucobakan) hanya ada 10 siswa (35,7%) dari 28 orang yang lulus KKM. Pada siklus I (setelah model diujicobakan) ada 17 orang siswa (60,7%) yang lulus KKM dan pada siklus II siswa yang lulus KKM mencapai 23 orang (82,2%).

Kata Kunci: Model Belajar Inkuiri, Hasil belajar, Perubahan Sifat Benda


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10328

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 760 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot