PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIAGAMBAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060890 KECAMATAN MEDAN POLONIA

Zulfaridah Zulfaridah

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Picture and Picture dengan Media Gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 060890 Medan Polonia yang banyaknya 23 siswa, terdiri dengan siswa laki-laki 12 anak dan siswa perempuan 11 anak. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa rata-rata hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Picture and Picture dengan Media Gambaryakni siklus I 59, Siklus II 66 dan siklus III 74. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh pada setiap siklus adalah siklus I 52%, siklus II 78% dan siklus III 86%. Sedangkan Hasil rata- rata aktivitas siswa pada siklus I 2,3 dengan kriteria baik, siklus II 2,8 dengan kriteria baik dan siklus III 3,3 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas guru pada siklus I 35 dengan kriteria baik, siklus II 40 dengan kriteria sangat baik dan siklus III 50 dengan kriteria sangat baik.

 

Kata Kunci: Puisi, Picture and Picture, Media Gambar, Peningkatan Ketrampilan Menulis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10330

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.