PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR

Erniwaty Batubara

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada pelajaran  Matematika kelas Va SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Siklus I pertemuan I presentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 9,37%. Pada siklus I pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 31,25%. Pada siklus II hasil yang diperoleh mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I, yaitu pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 65,62% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 84,72% dan telah tergolong berhasil. Pada siklus II pertemuan II persentase siswa yang termotivasi secara klasikal yaitu 100% dan tingkat keberhasilan mengajar guru yaitu 87,50%.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran, Tipe JIGSAW


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10331

Article Metrics

Abstract view : 494 times
PDF - 344 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.