PENINGKATAN MOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SD NEGERI 060829 MEDAN AMPLAS

Nurmaida Purba

Abstract


Setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus didapatkan peningkatan motivasi belajar siswa yang sangat memuaskan. Aktivitas siswa dalam konstruktivisme meningkat sangat signifikan (97,37%), peningkatan dalam learning community, motivasi belajar, mengemukakan pertanyaan, mengemukakan pendapat, mencatat hal-hal penting, perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran, juga mengalami peningkatan (97,37%). Peningkatan yang sangat signifikan juga terjadi terhadap hasil belajar siswa, baik secara individual maupun klasikal, terlihat dari nilai yang mereka peroleh sudah di atas kriteria ketuntasan belajar, yaitu 65. Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 060829 Medan Kota. pada pembelajaran PKn dengan kompetensi dasar menerapkan HAM.

 

 Kata Kunci : Motivasi Belajar, PKn, Teams Games Tournament


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10346

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747