MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ORGANISASI PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK KELAS III SD NEGERI 060819 KEC. MEDAN KOTA

Ratna Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM pada pelajaran PKn Kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang siswa tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 22 orang siswa pada kondisi awal drata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 9 dan 77, 27% kategori kurang aktif. Pada Siklus I Pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa sebesar 10 dan 68,18% kategori kurang aktif, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 13 dan 50% termasuk kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 16 dan 40,91% sudah termasuk kategori aktif, pada Siklus II Pertemuan 2 skor aktifitas belajar semakin meningkat menjadi 19 termasuk kategori aktif dan 45,45% siswa yang termasuk kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota T.A. 2017/2018.

 

Kata Kunci: Keaktifan Belajar, PKn, PAKEM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10347

Article Metrics

Abstract view : 127 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747