PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KOMPETENSI DASAR KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 060819 MEDAN KOTA

Onike Naibaho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 060819 Medan Kota melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes diperoleh dari 27 orang siswa, 4 siswa (14,81%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 23 siswa (85,18%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 42,74, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan sebanyak 25,14 (dari 42,74 naik menjadi 67,88), dengan sebanyak 16 siswa (59,25%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 11 siswa (40,74%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II meningkat menjadi 84,22 dengan sebanyak 24 siswa (88,88%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (11,11%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 16,34 (dari 67,88 naik menjadi 84,22). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VI SD Negeri 060819 Medan Kota tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Numbered Heads Together


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10348

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747