PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIPENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH PADA KOMPETENSIDASARPERUBAHAN SIFAT BENDA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDNEGERI 060829 KEC.MEDAN KOTA

Nurmaida Purba

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 060829 Kec.Medan Kota.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas  IV SD Negeri 060829 Kec.Medan Kota sebanyak 1 kelas yaitu 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan lembar format observasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil pretes diperoleh rata-rata pengetahuan awal siswa sebesar 18,3 dan tidak seorangpun siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Setelah dilakukan siklus I diperoleh hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 64,2 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang atau sebesar 73,3%. Karena jumlah siswa yang tuntas hanya 73,3% atau kurang dari 85% maka secara klasikal siswa masih belum berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sehingga masih perlu dilakukan perbaikan pada siklus II. Dari hasil postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 78,3 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 orang atau 93,3%. Dengan demikian, secara klasikal siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda di Kelas IV SD Negeri 060829 Kec.Medan Kota.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Perubahan Sifat Benda


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10351

Article Metrics

Abstract view : 329 times
PDF - 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.