MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR

Wiwik Suryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran Cooperative type TGT materi ajar Masa Persiapan Kemerdekaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas siswa pada saat tes awal sebelum diberikan tindakan sebesar 52,28 dan dinyatakan masih belum tuntas belajar. Pada siklus I setelah diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas juga menigkat menjadi 81,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative type Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur pada materi ajar Masa Persiapan Kemerdekaan Tahun Ajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran TGT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10376

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747