PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060898 MEDAN MAIMUN

Derliana Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran Pkn melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media pembelajaran pada siswa kelas V SD N 060898 Kecamatan Medan Maimun. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 060898 Kecamatan Medan Maimun berjumlah 36 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai  ≥70 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondisi awal 44% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 97%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dengan kondisi awal 66,53 meningkat menjadi 75,27 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97% menjadi 86,25.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe NHT, Media Pembelajaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10379

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747