PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060898 MEDAN MAIMUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran Pkn melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media pembelajaran pada siswa kelas V SD N 060898 Kecamatan Medan Maimun. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 060898 Kecamatan Medan Maimun berjumlah 36 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondisi awal 44% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 97%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dengan kondisi awal 66,53 meningkat menjadi 75,27 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97% menjadi 86,25.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe NHT, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10379
Article Metrics
Abstract view : 413 timesPDF - 538 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.