MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA KOMPETENSI DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI NO. 066038 KEC MEDAN TUNTUNGAN

Alimah Br.Sembiring

Abstract


ABSTRACT

This study aims to improve students' mathematics learning activities in the subject matter of addition and subtraction using the Mastery Learning approach in Class IV SD Negeri No. 066038 Kec Medan Tuntungan. The subjects in this study were Class IV students at SD Negeri No. 066038 Kec Medan Tuntungan with 32 students in the 2015/2016 school year. The results of this study indicate that by using the Mastery Learning approach can improve student learning activities in mathematics subjects the subject matter of addition and subtraction at SD Negeri No. 066038 Kec Medan Tuntungan T.A 2015/2016. This means that the Mastery Learning approach can be used as an alternative in learning Mathematics.

 

Keywords: Mastery Learning, Increasing Learning Activities

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa pada materi pokok Penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan pendekatan Mastery Learning di Kelas IV SD Negeri No. 066038 Kec Medan Tuntungan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri No. 066038 Kec Medan Tuntungan dengan jumlah siswa 32 orang tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Mastery Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok Penjumlahan dan pengurangan di SD Negeri No. 066038 Kec Medan Tuntungan T.A 2015/2016. Hal ini berarti bahwa pendekatan Mastery Learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Matematika.

 

Kata Kunci: Mastery Learning, Meningkatkan Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i4.11883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747