MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD

RONINDA HUTAGALUNG

Abstract


ABSTRAK

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas ﴾PTK﴿.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 152988 Bonandolok 1 Kec. Sitahuis Kab. Tapanuli Tengah yang berjumlah 25 orang siswa.Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III SD Negeri 152988 Bonandolok 1 Kec. Sitahuis Kab. Tapanuli Tengah. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi yaitu pengamatan awal, siklus I, siklus II.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 66,4 , pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,52 Berarti hasil yang diperoleh siswa pada siklus II sudah mencapai tingkat kemampuan secara keseluruhan.

Kata Kunci : Bercerita, Media Gambar, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1298

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747