MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD
Abstract
ABSTRAK
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Dari hasil analisis data pretes diperoleh nilai rata-rata siswa 48,16. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64. Dari hasil tes pada siklus II rata-rata 81. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal bangun datar simetris.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Discovery, dan Matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i1.1314
Article Metrics
Abstract view : 421 timesPDF - 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/80x15.png)
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.