STUDI EKSPLORASI PENGUASAAN KONSEP PECAHAN DI SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI KECAMATAN TANJUNG MORAWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan fakta empiris tentang penguasaan konsep pecahan siswa Sekolah Dasar (SD) kelas V. Peneliti memperhatikan tujuh (7) sub konsep yang mendasari konsep pecahan, yaitu : (1) Part-Group, Congruent Parts, (2) Part-Whole, Congruent Parts, (3) Part-Group, Noncongruent Parts, (4) Part-Group Comparison, (5) Number Line, (6) Part Whole Comparison, dan (7) Part-Whole Noncongruent Parts. Tingkat pengetahuan siswa terhadap tujuh konsep tersebut dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan pengajaran konsep pecahan di Sekolah Dasar. Sampel yang dianalisis sebanyak 175 responden yang diambil dari populasi siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Tanjung Morawa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes penguasaan konsep pecahan yang dikembangkan oleh Peneliti Tes tersebut terdiri dari 28 butir soal serta analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap sub konsep satu, dua dan tiga adalah relatif sedang, dan penguasaan terhadap sub konsep empat adalah tinggi, serta penguasaan terhadap sub konsep lima, enam, tujuh adalah relatif rendah.
Kata kunci : Eksplorasisi, fakta empiris, deskriptif, konsep.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v1i2.1352
Article Metrics
Abstract view : 235 timesPDF - 148 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.