PENINGKATAN HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) KELAS IV SD NEGERI 167959 KOTA TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rasmi Hutabarat

Abstract


ABSTRACT
This study aims to determine the increase in High Order Thinking Skills (HOTS) in learning the nature and changes in the form of objects through the Community Technology Science (STM) approach. The subjects of this study were all fourth grade students of Public Elementary School 167959 in the even semester of the 2017/2018 academic year, amounting to 36 students. This type of research is a Lewins model class action research of 2 cycles. The steps taken are planning, implementation, observation and reflection. The data collection technique used in this study was the non-test technique in the form of observation and photographic documentation. The results showed that HOTS skills of grade IV students of SD Negeri 167959 Tebing Tinggi experienced an increase.

Keywords: HOTS, Learning, STM

 

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan High Order Thinking Skill (HOTS)pada pembelajaran sifat dan perubahan wujud benda melalui pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 167959 pada semester Genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Lewins sebanyak 2 siklus. Langkah-langkah yang dilaksanakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes berupa observasi dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan HOTS siswa kelas IV SD Negeri 167959 Tebing Tinggi mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci: HOTS, Pembelajaran, STM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747