PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS PADA MAHASISWA

NANI BARORAH NASUTION

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas pada 88 mahasiswa. Teori kemampuan berpikir kritis dari Facione (1995), kreativitas dari Guilford (1967) serta metode pembelajaran dari Silberman (2006) digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini. Metode pembelajaran dibagi atas metode pembelajaran konvensional dan metode pembelajaran aktif yang terdiri dari teknik pause procedure,short writes dan think pair share (Weltman, 2007). Data diperoleh dengan mengunakan Skala Kemampuan Berpikir Kritis dan Alat Ukur Kreativitas Verbal oleh Munandar (1999).  Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis varians campuran. Hasil penelitian menujukkan metode pembelajaran aktif dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Metode pembelajaran aktif juga dapat mengembangkan kreativitas

Kata kunci       : Metode pembelajaran, Kemampuan berpikir kritis, Kreativitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1730

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747