MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE PADA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 086 DALAN LIDANG
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Berorganisasi di Lingkungan Sekolah dan di Masyarakat? Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 086 Dalan Lidang yang berlokasi di Jln. Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional, hal ini dapat dilihat pada persentase data tingkat emosi siswa pada siklus I sebesar 30,56% yang tergolong kurang cerdas emosi dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,96% yang tergolong cerdas. Sedangkan hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 30,56% yang tergolong sangat kurang cerdas emosi dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 83,33% yang tergolong cerdas. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri 086 Dalan Lidang pada pelajaran PKn materi Berorganisasi di Lingkungan Sekolah dan di Masyarakat. Dan disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Debate dalam menyampaikan materi pada pelajaran PKn.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Debate dan Kecerdasan Emosional Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1740
Article Metrics
Abstract view : 1001 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.