UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN KELAS VII-II SMP NEGERI 29 MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa saat bekerja dalam kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token selama kegiatan belajar mengajar di kelas VII-11 SMP Negeri 29 Medan tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-11 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain menulis,membaca (31%), mengungkapkan pendapat (43%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain menulis, membaca (15%), mengungkapkan pendapat (69%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM (0 %). Berpikir kritis siswa dari sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe time token
Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Kooperatif Tipe Time Token
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1747
Article Metrics
Abstract view : 97 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.