UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN KELAS VII-II SMP NEGERI 29 MEDAN

LATIPA HANIM HARAHAP

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa saat bekerja dalam kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token selama kegiatan belajar mengajar di kelas VII-11 SMP Negeri 29 Medan tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas  VII-11 SMP Negeri 29 Medan dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  menulis,membaca (31%), mengungkapkan pendapat (43%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  menulis, membaca (15%), mengungkapkan pendapat (69%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (0 %). Berpikir kritis siswa dari sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe time token mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe time token

 

Kata kunci : Berpikir Kritis, Model Kooperatif Tipe Time Token


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1747

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.