PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PATUMBAK

ERIKA NADAPDAP

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya  pada mata pelajaran IPA Terpadu di kelas VII semester  Ganjil SMP Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2013/2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya  memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (37,2%), siklus II (85,7%) dan aktivitas siswa yang semakin meningkat. Pada siklus I, aktivitas siswa yang paling dominan yaitu menulis/membaca yaitu 38% dan mengalami penurunan menjadi 23%. Aktivitas mengerjakan LKS meningkat dari 29,5% menjadi 46%, bertanya kepada teman meningkat dari 11% menjadi 15,50%, bertanya kepada guru menurun dari 14,50% menjadi 12% dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM mengalami penurunan dari 7% menjadi 3,50%. Sebelum dilaksanakan KBM Siklus I, maka peneliti memberikan tes hasil belajar sebagai Pretes dengan hasil rata-rata 44,1 dengan nilai tertingTutor Sebaya  70 dan nilai terendah 25. Peningkatan hasil belajar siswa dari Formatif I dan II menunjukkan rata-rata dari 69,4 menjadi 74,3. Dengan nilai terendah Formatif I dan II yaitu 60 dan 50, dan nilai tertingTutor Sebaya  dari 90 menjadi 100. Dengan ketuntasan klasikal pada Siklus I sebesar 37,2% dan pada Siklus II sebesar 85,7%

 

Kata Kunci : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Tutor Sebaya , Aktivitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1756

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.