MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V-B SD NEGERI NOMOR 101774 SAMPALI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berbicara V-B SD Negeri No. 101774 Sampali Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan analisis data hasil penelitian pada saat sebelum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 38,33 dan hanya 6 orang siswa yang tuntas (18,75%) dari 32 orang siswa yang mampu berbicara. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunkan model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD diperoleh nilai rata-rata siswa sebsar 63,01 dan sebanyak 13 (40,63%) orang mengalami peningkatan keterampilan berbicara dengan berbahasa yang santun, sedangkan 19 (59,38%) orang lainnya belum berhasil. Setelah diberikan. Pada siklus kedua yang merupakan perbaikan pembelajaran yang diberikan pada siklus pertama. Diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,34 dengan rincian 28 (87,50%) sudah memperoleh nilai ≥ 68, hal ini menunjukkan bahwa 28 orang tersebut mencapai nilai KKM. Sedangkan lainnya hanya 4 (12,50%) orang lagi yang belum mencapai tingkat keberhasilan yaitu dibawah nilai KKM.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Model Kooperatif Tipe STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v2i1.1761
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.