PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK ) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Naeklan Simbolon, Erpina Dewi Dalimunthe

Abstract


ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar  dengan menggunakan model pembelajaran Visualization,Auditory, dan kinestetik siswa Sekolah Dasar di Medan. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus.Prosedurnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan angket untuk menghitung angka persentase minat belajar, Berdasarkan hasil angket sebelum tindakan 24% berminat dengan rata- rata kelas 58,40 dan setelah dilaksanakan diperoleh minat belajar sebesar 52% dengan rata-rata kelas 71,20.Pada siklus II minat belajar meningkat menjadi 88% dengan rata-rata 81,92. Dengan demikian disarankan agar guru menggunakan model VAK proses pembelajaran serta meningkatkan minat belajar siswa.

 

Kata kunci: Model VAK, Minat belajar, Pembelajaran, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i1.19282

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 331 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.