RELASI SOSIAL ANTARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DENGAN ANAK TANPA BERKEBUTUHAN KHUSUS (ATBK) DI SD INKLUSI KOTA TEGAL

Tri Astuti

Abstract


Hubungan sosial antara ABK dengan ATBK di SD inklusi seringkali menjadi pertanyaan bagi masyarakat karena mereka memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut meliputi perbedaan sosial, budaya dan kemampuan berpikir. Relasi sosial adalah hubungan horisontal antara seorang individu dengan individu lainnya. Hal ini terjadi disetiap tempat dan waktu. Relasi sosial antara ABK dan ATBK banyak menjumpai hambatan. Hambatan tersebut terkadang tidak mampu diselesaikan oleh pihak sekolah. SD Negeri 02 Slerok Kota Tegal adalah salah satu Inklusi yang dibangun pemerintah sebagai wadah untuk mengakomodir ATBK. Harapannya, di sekolah ini ABK mendapatkan hak yang sama dengan ATBK. Namun kenyataannya, keberadaan ABK di SD inklusi seringkali dianggap sebagai masalah bagi masyarakat, sehingga tidak sedikit orangtua yang enggan menyekolahkan anaknya di SD Inklusi. Mereka khawatir ABK akan menyakiti bahkan melukai anak-anak lain. Berawal dari hal tersebut, kemudian ABK dipandang sebagai manusia yang tidak berguna dan merugikan.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tidak terkecuali ABK. Mereka memiliki potensi yang bisa diunggulkan jika dikelola dengan baik. Seharusnya masyarakat menyadari hal itu agar ABK dapat optimis dalam kehidupannya. ABK sangat membutuhkan semangat dan dukungan dari orang disekitar. Hubungan sosial atau relasi sosial antara ABK dan ATBK di SD inklusi juga perlu dikembangkan agar terjalin interaksi yang baik di sekolah.

                                                                      


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i1.20973

Article Metrics

Abstract view : 720 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.