EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KETERAMPILAN PEMBERIAN VARIASI MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE PADA SAAT SITUASI COVID-19 BAGI SISWA KELAS V MI MIFTAHUSSALAM HANAU

Tika Puspita Widya Rini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pembelajaran khususnya dalam  keterampilan memberikan variasi pada mata pelajaran tematik siswa kelas V MI Miftahussalam Hanau secara online dalam keadaan covid-19 ini. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Miftahussalam Hanau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kurang menerapkan keterampilan memberikan variasi karena pembelajaran dilakukan secara online. Guru harus lebih kreatif untuk menggunakan keterampilan variasi agar pembelajaran tidak monoton dengan prosedur dan langkah-langkah yang sesuai dengan keterampilan memberikan variasi tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i1.21050

Article Metrics

Abstract view : 165 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.