MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU MELALUI BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL

Tika Puspita Widya Rini

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa bimbingan teknis yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru mengenai penyusunan instrumen penilaian autentik K13, terutama dalam penilaian berbasis HOTS (high order thinking skill). Bimbingan teknis ini dilakukan di SD Negeri Pasar Lama 3 Banjarmasin melalui kegiatan pemaparan oleh para narasumber, tanya jawab, diskusi antar anggota kelompok, dan pemberian soal baik itu pretest maupun posttest. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek langsung. Dengan harapan capaian luaran yakni instrumen pembuatan soal HOTs sesuai kurikulum 2013 dan artikel yang dipublikasi dalam jurnal PPM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan bimbingan teknis adalah tingginya antusian, tingkat keaktifan dan kerjasama antaranggota kelompok. Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman guru mengenai soal yang bersifat high order thinking skill (HOTs) dengan adanya kenaikan dari rerata pretest sebesar 60,5 menjadi 82 dalam posttest. Terdapat peningkatan keterampilan guru dalam menyusul soal HOTs. Simpulan dari hasil kegiatan ini menunjukkan keberhasilan akan kegiatan bimbingan teknis, dan perlu adanya kegiatan serupa untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru khususnya dalam penyusunan instrumen penilaian berbasis HOTs (high order thinking skill.).

Kata Kunci: Bimbingan teknis, Instrumen Berbasis HOTs, Kompetensi paedagogik. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.21384

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.