PENGARUH SOFTWARE MIND MAPPING INTERACTIVE TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN IPA SD
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh Software Mind Mapping Interactive terhadap motivasi pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi siswa kelas V SD se-Gugus 1 Laweyan, Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sumber data difokuskan pada motivasi pembelajaran melalui pre test dan post test yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas. Teknik analisis data sebagai uji hipotesis menggunakan uji t. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan Software Mind Mapping Interactive terhadap motivasi pembelajaran IPA. Rata-rata skor motivasi kelompok eksperimen adalah 153,24 dan kelompok kontrol 146.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2165
Article Metrics
Abstract view : 405 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.