MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS V SD NEGERI NO. 101766 BANDAR SETIA

Demmu karo-karo, Dewi lestari

Abstract


Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 30 orang siswa. Dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 orang (23,3%) yang tidak tuntas sebanyak 23 orang (76%) dengan nilai rata-rata kelas 51,33%. Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 24 orang siswa 81%) yang tidak tuntas 6 orang siswa (20%) dengan nilai rata-rata kelas 74,66. Melihat dari hasil perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada  pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar 28 orang siswa (93,3%) yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa (6,6%) dengan nilai rata-rata kelas 87,66. Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal (pre tes) ke seiklus I sebesar 56,67% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 13,3%. Hasil observasi guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan menggunakan model pembelajaran scramble rata-rata 71,87 tergolong tinggi tindakan siklus II pertemuan kedua diperoleh rata-rata nilai 90,63 tergolong sangat tinggi.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran, dan Scramble

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2185

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.