MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR GAGASAN KREATIF DALAM TINDAKAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DI KELAS VII SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kreatif dalam tindakan ekonomi di kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi TA 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi pada bulan April-Juni 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 31 orang. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus berdasarkan model Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan, ketuntasan belajar siswa 14,29%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 47,6% dan siklus II menjadi 90,48%.
Kata Kunci : IPS, Gagasan Kreatif, Pembelajaran TGTFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2198
Article Metrics
Abstract view : 401 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.