MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR GAGASAN KREATIF DALAM TINDAKAN EKONOMI MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DI KELAS VII SMP NEGERI 8 TEBING TINGGI

Nia Rosmeliati Sihotang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kreatif dalam tindakan ekonomi di kelas VII SMP Negeri 8 Tebing Tinggi TA 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi pada bulan April-Juni 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 31 orang. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus berdasarkan model Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan tindakan, ketuntasan belajar siswa 14,29%. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 47,6% dan siklus II menjadi 90,48%.

Kata Kunci      : IPS,  Gagasan Kreatif, Pembelajaran TGT

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2198

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.