PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX MERESPON MAKNA DALAM PERCAKAPAN TRANSAKSIONAL TENTANG UNGKAPAN KEPASTIAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DI SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IX dengan menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 yang berjumlah 31 siswa. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 tahun pelajaran 2011/2012, terbukti pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa 66,66% dan meningkat pada siklus 2 yaitu 93,33 %.
Kata kunci : Metode Think-Pair-Share, Bahasa Inggris, Prestasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2204
Article Metrics
Abstract view : 381 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.