UPAYA MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVITION ( STAD ) SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 8 KOTA TEBING TINGGI

Sempat Malem Tarigan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan  hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pelajaran tipe Student Teams Achievement Divition (STAD). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan M Targart dengan empat tahapan yaitu  perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model STAD mata  pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus, yaitu siklus I (65,71 %), siklus II (77,14%), siklus III (88,57%) dan dinyatakan berhasil.

 

Kata Kunci : Model Pelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2206

Article Metrics

Abstract view : 77 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747