UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL BELAJAR JIGSAW KELAS V SD NEGERI 164523 TEBING TINGGI

Siti Zulaidil Adha Pane

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan  prestasi belajar siswa mata pelajaran PKN melalui model belajar Jigsaw kelas V SD Negeri 164523 . Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis M targart, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 164523kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik  analisis dekriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman yang dicapai siswa, juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran.Prestasi belajar PKn siswa kelas V yang aktif mengikuti kegiatan belajar dengan menggunakan Model Belajar Jigsaw di SD Negeri 164523 Tebing Tinggi mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, siklus I sampai siklus 1I : 74,24 : 79,39 dan  diketahui rata-ratanya adalah : 74,84 : 86,36.Bahwa dengan diadakannya pembelajaran dengan menggunakan model belajar Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa.

 

Kata Kunci : Model Pelajaran Tipe Jigsaw, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2209

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747