PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMERANKAN TOKOH DRAMA MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING (BERMAIN PERAN) SISWA KELAS V SDN 101801 KEDAIDURIAN KECAMATAN DELITUA KAB. DELI SERDANG

Suharni .

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Memerankan Tokoh Drama Melalui Strategi Active Learning (Bermain Peran) Siswa Kelas V SDN 101801 Kedaidurian Kecamatan Delitua Kabupaten Deliserdang Tahun Pembelajaran 2010 - 2011”.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri No 101801 Kedaidurian Kecamatan Delitua Kabupaten Deliserdang  pada siswa kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2010 – 2011 dengan siswa berjumlah 35 orang.Hasil evaluasi menunjukkan terdapat kenaikan yang tuntas belajar dari 23 siswa (65,71%) pada pra tindakan menjadi 27 siswa (77,14  %) pada siklus I, dan menjadi 30 siswa (85,71%) pada siklus II.  Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “Jika strategi Active Learning (Bermain Peran) digunakan, maka kemampuan memerankan tokoh drama siswa kelas V SD Negeri No.101801 Delitua Kabupaten Deliserdang akan meningkat”, dapat diterima.Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada para guru agar semakin aktif dan kreatif dalam memilih model dalam kegiatan belajar mengajar agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kepada Kepala Sekolah hendaknya dapat mengambil kebijakan tentang perlunya setiap guru menjadi seorang fasilitator yang inspiratif, agar motivasi belajar siswa juga semakin meningkat. Selain itu kepada Kepala Sekolah hendaknya dapat mengusahakan agar ketersediaan sarana yang menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan terus ditingkatkan.

 

Kata Kunci :Strategi, BermainPeran, Drama, danPembelajaranAktif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i1.2211

Article Metrics

Abstract view : 282 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.