KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA DARING BAGI SISWA SD SELAMA PANDEMI COVID-19

Vidya Dwi Amalia Zati

Abstract


Abstract : Pandemi Covid-19 memaksa siswa untuk melakukan segala kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pertemuan daring, termasuk dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa SD. Pembelajaran daring ini memiliki banyak dampak positif dan negatif, di satu sisi positifnya dapat memberikan kemudahan bagi siswa dan guru untuk terus melaksanakan pembelajaran walau tanpa tatap muka, tetapi seiring berjalannya waktu, pelaksanaan pembelajaran daring ini menimbulkan dampak negatif bagi siswa SD dimana banyak siswa mulai kehilangan minat dan konsentrasi dalam belajar karena merasa jenuh dan bosan saat belajar dengan pembelajaran daring yang monoton dan membosankan. Oleh sebab itu, hal inilah yang kemudian menjadi tugas bagi para guru untuk dapat menciptakan berbagai aktifitas dalam pembelajaran daring yang dapat menarik minat siswa dalam belajar. Terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang bukan hanya memerlukan teori, tetapi juga memerlukan banyak praktek, sehingga memerlukan pembelajaran interaktif berupa kegiatan-kegiatan yang dapat melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran daring.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.22869

Article Metrics

Abstract view : 1337 times
PDF - 762 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.