PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2019/2020

Canra Wijaya Nasution, Arifin Siregar

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku pada subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku pembelajaran 3 melalui model pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir item soal dan observasi aktivitas guru dalam model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, di mana dalam 1 siklus terdiri dari 2 x pertemuan. Pada saat dilaksanakan pretes diketahui nilai hasil belajar siswa. Di mana pada tahap pretes dari 24 siswa, siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 65. Baru 5 siswa yang tuntas dengan tingkat persentase 20,8% dan siswa yang belum tuntas 19 siswa dengan persentase 79,2% dengan rata-rata kelas 49,80% dinyatakan sangat rendah. Pada tahap siklus I nilai hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing di mana terdapat siswa yang tuntas 16 siswa dengan tingkat persentase 67% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan 8 siswa dengan persentase 33 % dengan nilai rata-rata kelas 64.58% masih tergolong rendah dan belum optimal. Pada siklus II setelah melakukan perbaikan pembelajaran, hasil belajar siswa meningkat dari siklus sebelumnya. Di mana terdapat 22 siswa yang tuntas dengan tingkat persentase 92% dan 2 siswa belum mencapai ketuntasan dengan persentase 8% dengan nilai rata-rata kelas 77.70% dan dinyatakan sangat tinggi. Hasil pengamatan aktivitas guru pada saat pembelajaran pada siklus I pertemuan ke-I dengan jumlah nilai rata-rata (88,23%) dan pertemuan ke-II dengan jumlah nilai rata-rata (91,17%). Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan hasil pengamatan aktivitas mengajar guru di mana pada pertemuan ke-I dengan jumlah nilai rata-rata (95,58%), dan pertemuan ke-II dengan jumlah nilai rata-rata (98,52%). Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 indahnya keragaman di negeriku di kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur  T.A 2019/2020 adalah dapat diterima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.22978

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.