PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PALIRABER (PAPAN LINGKARAN RUMAH ADAT BERPUTAR) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 101775 SAMPALI T.A 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa
papan lingkaran rumah adat berputar berbasis pendekatan saintifik yang layak
digunakan untuk siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R & D (Research &
Development) dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan
dalam penelitian ini berupa benda (hardware), produknya adalah Papan
Lingkaran Rumah Adat Berputar. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya
skor yang diperoleh dari penilaian uji kelayakan materi terhadap media
pembelajaran paliraber sebesar 91,67% (Sangat Valid). Berdasarkan uji
kelayakan media diperoleh persentase sebesar 84,61% (Sangat valid)
papan lingkaran rumah adat berputar berbasis pendekatan saintifik yang layak
digunakan untuk siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R & D (Research &
Development) dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu tahap Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dihasilkan
dalam penelitian ini berupa benda (hardware), produknya adalah Papan
Lingkaran Rumah Adat Berputar. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya
skor yang diperoleh dari penilaian uji kelayakan materi terhadap media
pembelajaran paliraber sebesar 91,67% (Sangat Valid). Berdasarkan uji
kelayakan media diperoleh persentase sebesar 84,61% (Sangat valid)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i4.23702
Article Metrics
Abstract view : 207 timesPDF - 420 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/80x15.png)
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.