BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU BAHASA MANDARIN SD DI KOTA MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji model penelitian yang dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variabel eksogenus dengan variabel endogenus kinerja guru diimplementasikan pada SD di kota Medan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat, baik manfaat teoritis maupun manfaat praktis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis keempat diperoleh koefisien jalur yang signifikan antara budaya organisasi dengan motivasi kerja, yaitu: ρ51 = 0,285. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis keenam diperoleh koefisien jalur yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan motivasi kerja, yaitu: ρ53= 0,196. Selanjutnya, berdasarkan hasil perhitungan pengaruh proporsional diperoleh pengaruh langsung kompetensi pedagogik terhadap motivasi kerja sebesar 0,038. Jadi, kompetensi pedagogik berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja, yang mana 3,8 % perubahan-perubahan motivasi kerja dapat ditentukan oleh kompetensi pedagogik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.24927
Article Metrics
Abstract view : 257 timesPDF - 205 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.