STUDI DAMPAK PANDEMIK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Irsan Rangkuti, Wildansyah Lubis, Nurmayani Nurmayani, Sri Mustika Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai dampak dari pandemik COVID-19 terhadap kegiatan pembelajaran yang dialami oleh orangtua, siswa, dan guru di Sekolah Dasar Negeri 104201 desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan informasi mengenai kendala dan akibat dari pandemik COVID-19 terhadap kegiatan proses pembelajaran di sekolah dasar negeri 104201. Hasil penelitian dideskripisikan berdasarkan indikator angket mengenai dampak pandemic Covid-19 terhadap orang tua, guru dan siswa diantaranya; pengetahuan teknologi, kelengkapan sarana dan prasarana, dampak fisik dan dampak psikologis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menjadi acuan bagi peneliti untuk merancang buku pedoman pembelajaran pada masa pandemik COVID-19

 

Kata Kunci: Dampak Pandemik Covid-19; Pembelajaran, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i1.24968

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.