ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN SECANGGANG

Risma Sitohang, Okta Faradila

Abstract


Abstrak : Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar di Kecamatan Secanggang terhadap implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di 3 (tiga) Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Secanggang, yaitu: SD N 050703 Kepala Sungai, SD N 053979 Kepala Sungai, dan SDN 056616 Pasar 12. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kuantitatif deskriptif, dengan populasi penelitian yaitu seluruh guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Secanggang yang berjumlah 30 orang guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive dengan pertimbangan yaitu seluruh guru yang mengajar dengan menggunakan kurikulum 2013. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan intrumen berupa angket dengan 5 (lima) pilihan jawaban serta jumlah soal sebanyak 20 pernyataan. Validitas angket diperoleh dari dua orang dosen Fakultas Ilmu pendidikan sehingga angket dianggap layak untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Analisis yang dilakukan menggunakan teknik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil analisis pada seluruh dimensi dari kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Secanggang yaitu sangat tinggi. Pada dimensi kemampuan guru dalam menguasai karakteristik dari peserta didik sebanyak 52,5% menyatakan sangat sesuai, dimensi menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik sebanyak 57,3% menyatakan sangat sesuai, pada dimensi pengembangan kurikulum sebanyak 57,8% menyatakan sesuai, dimensi menciptakan kegiatan pembelajaran yang mendidik sebanyak 56,7% menyatakan sangat sesuai, pada dimensi mengembangkan potensi dan komunikasi dengan peserta didik peserta didik diperoleh persentase yang sama yaitu sebanyak 53,3% menyatakan sangat sesuai. Secara umum diketahui bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Secanggang berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata (mean) yang diperoleh sebesar 3,5.

 

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik;Kompetensi Guru;Guru Sekolah Dasar

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i1.24969

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.