IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MATA KULIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) T.A.2018/2019 PGSD FIP UNIMED

sorta simanjuntak, Robenhart Tamba

Abstract


                                                  Abstrak .

       Penelitian ini berjudul:     Implementasi      Strategi     Pembelajaran Inquiri Untuk  Meningkatkan  Keterampilan  berpikir kreatif mahasiswa  dalam mata kuliah PTK T.A 2018/2019  PGSD FIP Unimed Medan..Berdasarkan  studi pendahuluan  dan studi kepustakaan  maka masalah dalam penelitan ini adalah apakah Strategi     Pembelajaran Inquiri dapat  Meningkatkan  Keterampilan  berpikir kreatif mahasiswa  dalam mata kuliah PTK T.A 2018/2019  PGSD FIP Unimed . Sedangkan   tujuannya  adalah: (1) untuk meningkatkan  keterampilan berpikir kreatif mahasiswa  melalui pembelajaran inquiry dalam mata kuliah PTK.

      Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas dengan prosedur  sesuai desain  PTK yang dikemukakan Kemmis dalam kutipan Dewi (2009) sebagai berikut: :  penyusunan rencana, tindakan kelas , observasi tindakan ,dan refleksi hasil obsevasi.Penelitiannya  dilakukan  dengan  2 siklus.

Subjeknya  adalah mahasiswa PGSD Kelas A Reg  semester V  TA 2018/2019 yang  aktif mengikuti perkuliahan PTK dengan  ukuran n : 35 orang.

       Analisis data yang dilakukan menunjukkan : sebelum tindakan  keterampilan berpikir kreatif  mahasiswa dalam pembelajaran PTK tergolong sedang dengan nilai: 2,15; setelah  siklus I  meningkat jadi  kategori baik dengan niai, 2,88; dan setelah  siklus II semakin baik  lagi jadi  kategori sangat baik  dengan nilai  3,36.

        Untuk memastikan signifikansi perubahan nilai  keterampilan berpikir kreatif mahasiswa tersebut  mulai  dari sebelum tindakan ke siklus I; dan dari siklus I ke siklus II, dilakukan uji perubahan  MC Nemar.  Hasilnya membuktikan bahwa perubahan tersebut, adalah signifikan.  Hal itu dibuktikan nilai  pengujian sebelum tindakan dan setelah siklus I ::4,5:3,38  serta

; Kedua hasil uji membuktikan  tolak dan terima  dengan kepercayaan 95%. .Artinya, perubahan nilai keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran PTK  melalui SPI   secara statistic terbukti signifikan.

        Selanjutnya, hasil pengolahan data observasi  pembelajaran mahasiswa  menunjukkan , keaktifan mahasiswa pada siklus I  sesuai pembelajaran SPI  tergolong  baik dengan nilai  , 2,59. Pada siklus II  dengan kategori sangat baik dan nilai 3,34. Berikut data observasi  kemampuan dosen mengkondisikan dan melakukan pembelajaran SPI  pada siklus I  kategosi baik dengan nilai 3,17, dan setelah siklus II makin mantap  dengan kategori sangat baik dengan nilai 3,37.

.     Disimpulkan, bahwa perkuliahan dengan strategi inquiri yang mantap secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif  mahasiswa dalam pembelajaran PTK. Jadi semakin tepat pengkondisian pembelajaran dan pelaksanaan SPI, maka semakin tinggi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran tertentu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i1.24970

Article Metrics

Abstract view : 229 times
PDF - 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.