ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA MENYUSUN ASESMEN PERFORMANCE KETERAMPILAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Sri Marmoah

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pemahaman  mahasiswa tentang konsep performance assessment pada pembelajaran bahasa indonesia, (2) untuk mengetahui kemampuan mahasiswa  dalam menyusun instrumen penilaian kinerja (assessment performance) pada  pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP UNS dengan jumlah 80   mahasiswa.   Teknik   pengumpulan   data   yang   digunakan  adalah dokumen, tes   dan   angket. Kredibilitas data penelitian ini ditempuh melalui triangulasi. 

Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) pemahaman mahasiswa PGSD FKIP UNS tentang konsep performance assessment sangat baik, 90% dari mahasiswa dapat menjawab dengan benar, sedangkan 10% nya menjawab dengan kurang tepat, (2) kemampuan mahasiswa dalam menyusun performance assessmen pada tahap perencanaan cukup baik, dengan rata-rata skor 75.

 

Kata Kunci: performance assessment, kemampuan, pembelajaran bahasa indonesia


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.25408

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747