PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 101735 SEI SEMAYANG

Chindy Claudia Ritonga, Darinda Sofia Tanjung, Anton Sitepu

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran circuit learning terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 101735 Sei Semayang 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen True Eksperimental Design pada kelas kontrol dan eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101735 Sei Semayang jumlahnya 50 siswa. Pengambilan sampel boring sampling. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran circuit learning sangat baik dengan nilai 81,6 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran cukup dengan nilai 65,6. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,387 > 1,708. Dapat disimpulkan model pembelajaran circuit learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.27388

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.