Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Picture and Picture untuk Siswa Kelas V SD

Lydia Utami, Reinita Reinita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik terpadu berbasis picture and picture untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Pada penelitian ini menerapkan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata masing-masing validasi yaitu validasi materi 87,78% (sangat valid), validasi bahasa 82,85% (valid) dan validasi desain 83,33% (valid). Respon guru untuk praktikalitas diperoleh 88% dan 92% (sangat praktis) dan respon siswa diperoleh rata-rata 90,91% dan 96,02% (sangat praktis). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran  scrapbook pada pembelajaran tematik terpadu untuk siswa kelas V Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.27545

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.