MEMBANGUN SINERGI PEMAHAMAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R(PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Faisal .

Abstract


ABSTRAK

Efektivitas pembelajaran membaca pemahaman di kelas VI Sekolah Dasar (SD) mutlak diperlukan. Hal ini diungkapkan karena masih rendahnya pemahaman siswa dalam membaca. Rendahnya pemahaman membaca terjadi karena kurang terfasilitasinya siswa dengan tahapan dan teknik membaca yang tepat. Mengadopsi kekurangan itu, perlu dilakukan upaya perbaikan proses pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi pembelajaran yang sesuai. Salah satu strategi yang dapat mengadopsi tahapan dan teknik membaca pemahaman secara tepat adalah strategi PQ4R. Menguji efektivitas penggunaan strategi PQ4R, telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap kegiatan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca pemahaman di kelas VI SD. Dengan demikian, penggunaan strategi PQ4R layak dipertimbangkan sebagai upaya membangun sinergi pemahaman membaca siswa di kelas VI SD.

 

Kata kunci: membaca pemahaman, strategi PQ4R, kelas VI SD

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i1.2897

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747